Langsung ke konten utama

Ekosistem dan Perubahan Lingkungan - X8 dan X9



 


 

Guru      : Reni Hidayanti, S. Pd 

Mapel    : Biologi

Kelas     : X

Pertemuan ke : 1 (X6) & (X7)

Materi    : Ekosistem dan Perubahan Lingkungan

Tujuan    : Peserta didik dapat menjelaskan macam kompenen ekosistem dan interaksi antar komponen ekosistem

CAPAIAN PEMBELAJARAN                  : 

peserta didik memiliki kemampuan menciptakan solusi atas permasalahan-permasalahan   berdasarkan   isu lokal, nasional atau global terkait pemahaman keanekaragaman makhluk hidup dan peranannya, virus dan peranannya, inovasi teknologi biologi, komponen ekosistem dan interaksi antar komponen serta perubahan lingkungan.


Assalamualaikum wr.wb 

Untuk kegiatan hari ini kita akan melakukan interaktif di grup wa 

Setelah interaktif silahkan buka buku catatan mu dan kerjakan pertanyaan berikut ini 

1. Apa yang di maksud ekosistem?

2. Komponen ekosistem terdiri dari abiotik dan biotik, jelaskan apa saja yang termasuk komponen biotik dan abiotik? 

3. Interaksi ekosistem terdiri dari 2 macam yaitu 

a. Interaksi antarkomponen biotik yang terdiri dari simbiosis, kompetisi dan predasi. jelaskan dan berikan contoh ketiga nya?

b. Interaksi antarkomponen biotik dan biotik  (belum perlu dijelaskan untuk pertemuan selanjutnya)

4. Buatlah 1 contoh rantai makanan dengan gambar nya serta tentukan mana yang termasuk tingkat trofik I, trofik II, trofik III, trofik IV (mengacu pada produsen, konsumen dst)

Setelah selesai mengerjakan pertanyaan di atas, silahkan kirimkan ke telegram bu reni sertakan nama dan kelas, ditunggu paling lambat pukul 12.00 yaa 







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kisi-Kisi Penilaian Tengah Semester (PTS) Ganjil - Kelas X

  Guru        : Reni Hidayanti, S. Pd  Mapel      : Biologi Kelas      : X 6,7,8 dan 9 Pertemuan : - Materi    : Keanekaragaman Hayati dan Klasifikasi makhluk hidup  Tujuan    :  Peserta didik mampu menganalisis perbedaan serta contoh tingkat keanekaragaman hayati (gen,spesies, jenis)  Peserta didik mampu menganalisis persebaran flora dan fauna di Indonesia beserta dengan upaya pelestarian keanekaragaman Hayati yang ada di Indonesia  Peserta didik dapat menjelaskan penulisan tata nama ilmiah, manfaat dan sistem klasifikasi makhluk hidup  CAPAIAN PEMBELAJARAN                       :  peserta didik memiliki kemampuan menciptakan solusi atas permasalahan-permasalahan   berdasarkan   isu lokal, nasional atau global terkait pemahaman keanekaragaman makhluk hidup dan peranannya, virus dan peranannya, inovasi teknologi biologi, komponen ekosistem dan interaksi antar komponen serta perubahan lingkungan. Assalamualaikum wr.wb   Silahkan simak kisi-kisi materi PTS (Penilaian Tengah Semester) Gan

Pertumbuhan dan perkembangan - XII IPA 2

                NAMA GURU                                   : Reni Hidayanti, S.P      MATA PELAJARAN                          : Biologi      KELAS                                              : XII IPA 2      PERTEMUAN                                   : Ke-6      KD                                                     :     3.1     Menjelaskan pengaruh faktor internal dan faktor eksternal terhadap    pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup     4.1     Menyusun laporan hasil percobaan tentang pengaruh faktor eksternal terhadap proses pertumbuhan dan perkembangan tanaman      TUJUAN PEMBELAJARAN               :  Menjelaskan hubungan  pengaruh faktor internal dan faktor eksternal terhadap pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup      MATERI                                               : Pertumbuhan dan Perkembangan       METODE                                           : Diskusi, ceramah , tanya jawab       STRATEGI                                         : Guru menyampaikan KD dan

Pertumbuhan dan Perkembangan (5) - XII IPA 1,3,4,5

NAMA GURU                                       : Reni Hidayanti, S.P MATA PELAJARAN                              : Biologi KELAS                                                  : XII IPA 4,3,5,1  PERTEMUAN                                       : Ke-5 KD                                                         : 3.1     Menjelaskan pengaruh faktor internal dan faktor eksternal terhadap pertumbuhan          dan perkembangan makhluk hidup 4.1     Menyusun laporan hasil percobaan tentang pengaruh faktor eksternal terhadap              proses pertumbuhan dan perkembangan tanaman TUJUAN PEMBELAJARAN                :  Menjelaskan hubungan  pengaruh faktor internal                 dan     faktor eksternal terhadap pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup MATERI                                                 : Pertumbuhan dan Perkembangan  METODE                                             : Diskusi, ceramah , tanya jawab  STRATEGI                                           : Guru menyampaik